4 Aspek Latar Belakang Wawasan Nusantara


Latar belakang dan aspek wawasan nusantara terbagi atas beberapa hal mendasar yang begitu penting. Namun sebelum itu teman-teman harus mengerti apa yang dimaksud dengan wawasan nusantara.

Menurut para ahli, wawasan nusantara adalah sikap dan cara pandang bangsa Indonesia terhadap bangsa, rakyat, dan juga wilayah NKRI keseluruhannya mulai dari laut, udara, dan darat yang dirangkai dalam satu kesatuan politik, sosial, budaya, keamanan negara, ekonomi, dan politik.

Adapun aspek penting yang menjadi latar belakang wawasan nusantara adalah sebagai berikut:

Aspek Falsafah Pancasila

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, Pancasila merupakan dasar dari negara Indonesia yang tidak bisa diganggu gugat. Terdapat butir-butir pada Pancasila yang menjadi rujukan dari wawasan nusantara, yaitu:
  • Hak Asasi Manusia sebagai salah satu pedoman agar bangsa Indonesia bebas memeluk agama yang dipercaya dan juga bebas menjalani ibadah sesuai kepercayaan agamany masing-masing
  • Kepentingan umum harus diutamakan daripada kepentingan golongan ataupun kepentingan diri sendiri
  • Segala keputusan harus dilakukan secara bermusyawarah dan tidak boleh egois


Aspek Kewilayahan Nusantara

Masing-masing dari kita sudah mengerti bahwa Indonesia memiliki letak geografis yang kaya akan sumber daya alam, budaya, bahasa dan suku bangsa yang beragam dari Sabang sampai Merauke.

Aspek Sejarah Indonesia

Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk melalui proses yang amat panjang dan butuh pengorbanan yang pahit. Oleh karena itu tentu saja kita sebagai rakyat Indonesia tidak ingin adanya perpecahan yang dapat mengakibatkan hal itu kembali terulang.

Untuk itu kita harus sama-sama begandengan tangan untuk mempertahankan kemerdekaan dan menjaga daerah masing-masing dari pihak-pihak yang berniat membuat rakyat Indonesia terpecah belah.

Aspek Sosial Budaya

Aspek yang melatarbelakangi wawasan nusantara yang terakhir adalah aspek sosial budaya yang mana kita berdiri di negara yang memiliki keanekaragaman bahasa, budaya, adat istiadat, dan agama.

Perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sangat berpotensi menimbulkan perpecahan, konflik, dan hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk itu diperlukan  kerjasama dari semua pihak untuk menjaga itu perbedaan ini dan masyarakat Indonesia harus tahu pengertian wawasan nusantara dan segala aspek yang melatarbelakanginya.

Nah, itu dia 4 aspek latar belakang wawasan nusantara yang wajib kamu ketahui agar kita sebagai bangsa Indonesia bisa menjadikannya sebagai pedoman untuk bersosialisasi dan bernegara. Semoga bermanfaat!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama