Membuat Surat Keterangan Berbadan Sehat Di Puskesmas


Untuk melengkapi persyaratan melamar di perusahaan besar terkadang ada banyak berkas-berkas yang harus kita urus. Seperti SKCK, Kartu Kuning, dan Surat Keterangan Berbadan Sehat. Sebenarnya untuk mengurus surat ini tidak harus di Puskesmas. Di klinik atau dokter umum juga bisa.

Tapi Ibuk saya lebih merekomendasikan untuk pergi ke Puskesmas. Katanya biar nggak ribet, dan juga di Puskesmas tempat saya mengurus Surat Keterangan Berbadan Sehat itu dokternya cantik.

Syarat Membuat Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas


  • Datang ke Puskesmas
  • Ambil nomor antrian
  • Nunggu di panggil sambil ngerokok
  • Pas udah dipanggil laporkan ke orang yang manggil apa yang kita butuhkan (lupa nama ruangannya apa)
  • Kita dikasih surat jalan kalau nggak salah namanya KIR, berwarna pink, dan kartu timezone
  • Kemudian menuju dokternya. Nggak dicek atau diraba-raba. Cuma ditanya, "Pernah sakit parah?" "Pernah dirawat lama?" dan kemudian dikasih kertas oret-oretan ujian nasional. Disuruh ke bagian Adm atau kasir untuk ngasih kertas oret-oretannya
  • Pas sampai di kasir, saya dikasih kertas kecil lagi, disuruh buat biodata lengkap. Termasuk makanan kesukaan dan minuman kesukaan
  • Seteleh selesai saya dimintain duit Rp 10.000,- untuk biaya administrasi
  • Kalau mau dilegalisir, yang asli harus difotocopy dulu, kemudian serahkan ke kasir untuk distempel. Dan balik ke dokter lagi untuk ditandatangani


Menurut saya, prosesnya ribet. Dioper ke sana sini. Tapi nggak masalah, yang penting Surat Keterangan Berbadan Sehat saya udah jadi, Saya dinyatakan sehat secara fisik, tapi belum secara dompet.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama