Cerpen: Cewek Cantik Komplek Sebelah Bagian Pertama


"Ah lu galau mulu tiap hari, Yud. Udahlah bawa santai. Nggak usah terlalu bego jadi cowok. Mending lu main sana ke komplek sebelah. Siapa tau nemu obat dari kegalauan lu." kata-kata Doni membuyarkan lamunan gue akan Novi, pacar gue yang sekarang udah jadi mantan.

Nama gue Yudha Pratama, gue kuliah ambil jurusan Hubungan Internasional di salah satu universitas swasta di ibukota. Sekarang udah masuk semester akhir, tapi gue bego. Karna cinta, gue sama sekali belum mikirin skripsi. Tapi yaudahlah, tahun depan kampus masih buka.

Gue sama Novi pacaran udah hampir 2 tahun. Dan sekarang kita putus dengan alasan yang gue nggak paham. Novi cuma bilang kita udahan, dan setelah itu gue nggak bisa lagi komunikasi dengan dia. Gue samperin ke rumahnya, selalu nggak ada yang nyaut.

Gue sempat curiga dia sama keluarganya dibunuh dan nggak ada yang tau. Tapi gue salah, beberapa hari kemudian gue stalking Path-nya, dia check-in di hotel jam 1 malam. Gue nggak mikir yang aneh-aneh. Mungkin dia lagi ngerayain ulang tahun sama pacar barunya.. dan teman-temannya. Kayak abege kekinian gitu.

Gue galau, hidup gue jadi berantakan banget. Kuliah gue kacau, gue jadi jarang mandi, sepanjang hari gue cuma tiduran di kos mikirin Novi. Kadang gue nongkrong sama teman buat ngilangin sedikit kegalauan gue, tapi tetap aja nggak bisa melepas bayang-bayang Novi.

Pokoknya hidup gue sejak putus sama Novi jadi kayak orang nggak punya harapan hidup. Yang gue pikirin cuma Novi, Novi, dan Novi.

Kata orang-orang kalau kita mau move on, berhenti kepoin hidup mantan, apalagi sosmed-nya. Tapi gue emang bego, gue masih aja stalking hidupnya. Karna gue masih sayang sama dia, banyak momen-momen yang sulit untuk gue lupain.

Kayak neduh di depan ruko pas hujan lebat, nonton di bioskop yang nonton cuma kami berdua, sampai yang paling sulit untuk hilang dari memori gue, ngobrol sama mama-nya tentang keseriusan gue sama Novi. Mamanya menanggapi dengan baik, dan mendo'akan yang terbaik buat kami.

Atas saran Doni, malam itu itu gue nyalain motor gue yang masih kredit buat pergi ke komplek sebelah. Gue kadang suka ngobrol sama satpam shift malam di komplek itu. Namanya Pak Toyok. Umurnya mungkin sekitar 50 tahun, tapi badannya masih sehat dan kuat. Katanya dia sering nge-gym. Buka-tutup gerbang komplek.

Sesampainya di sana gue liat Pak Toyok nggak ada di posnya, dengan gerbang yang terbuka lebar. Gue udah mikir yang aneh-aneh, jangan-jangan Pak Toyok diculik buat dijual ginjalnya? Ah gue mikir yang aneh-aneh mulu.

Akhirnya gue coba keliling komplek buat nyari Pak Toyok, siapa tau dia lagi ngapelin pembantunya Pak Aden yang jadi bahan pembicaraan warga komplek sini, karna body-nya yang mirip Ariel Tatum, mukanya mirip Awkarin. Baru beberapa meter gue jalan, gue liat cewek pake baju putih, jilbab putih, rok putih juga.. gue pengen lari terus teriak kenceng, tapi dia lagi mau buang sampah. Emang Kuntilanak ada yang dapet jatah piket buang sampah sama keluarganya? Oke gue mikir yang aneh-aneh lagi.

Akhirnya gue lanjut jalan sambil liat cewek tadi, dia lagi nenteng 2 kresek penuh sampah warna bening. Gue perhatiin ada bungkus Sarimie isi 2 rasa Ayam Kecap di situ. "Sama nih seleranya." pikir gue dalam hati. Gue perhatiin lagi, itu cewek lumayan juga. Tiba-tiba dia liat ke arah gue sambil senyum. Dheg! Gue jadi salting gini.

"E..eh mbak, ngapain buang sampah malam-malam gini?  Ntar diculik badut  loh." kata gue.
"Eh mas, hehehe iya tadi lupa buang sampah. Udah numpuk banget di dapur." balas mbaknya.
"Haha iya deh. Oiya mbak liat Pak Toyok nggak? Saya liat di posnya nggak ada." tanya gue.
"Kebetulan, Mas.. Pak Toyok lagi di rumah saya, diundang Papa makan malam. Ayo mampir ke rumah, Mas." jawabnya.
"Eh nggak usah, Mbak. Nggak enak saya. Saya nunggu di pos aja. Hehehe.." kata gue.
"Nggak apa, Mas. Sekalian aja makan malam, Mas anak kos kan? Pasti belum makan kan? Hahaha becanda, Mas.. ayo mampir." canda mbaknya.
"Hehehe makasih, Mbak. Saya udah makan tadi." alasan gue, padahal  belum makan dari pagi.

Akhirnya gue melipir ke pos dengan perasaan grogi setengan mati. Baru 2 langkah gue jalan, gue kesandung paving block. Anjir malu.

Pas sampai pos satpam, gue ambil handphone di saku, kayaknya ada yang WA gue tadi. Bener, si Mamat teman kampus gue nanyain kenapa gue udah seminggu nggak ngampus. Gue bales, "Ribet banget dah ngurusin orang, Mat. Gue lagi sibuk ngerebut saham Freeport nih. Bilangin ke dosen ya."

Dari sekian banyak temen gue di kampus, cuma si Mamat sama Doni yang nanyain gue. Yang lain pada serius amat ngerjain skripsi. Ada yang sampai update instastory sampai jadi titik-titik, padahal isinya cuma background hitam ditambah lagu-lagu galau. Skripsi membuat mereka jadi gila. Untung gue nggak kayak mereka. Bisa-bisa gue jadi combo gila. Skripsi sama cinta.

Tiba-tiba Pak Toyok nepuk pundak gue, reflek gue kaget. Untung handphone nggak melayang.

"Anjir udah kayak setan aja, Pak. Nongol tanpa suara langkah kaki." seloroh gue.
"Lah, situ udah kayak tiang bendera sekolah aja. Sendirian, nggak ada pasangan."  balas Pak Toyok.
"Sakit, pak. Makasih." kesel gue.
"Hahaha santai tho. Ngapain di sini? Mau minta air panas lagi?"
"Kagak, pak. Curigaan amat dah. Lagi nyari jodoh, pak. Siapa tau nemu di sini. Hahaha.."
"Jodoh? Ngapain lu cari, tong. Serahin aja sama yang di atas. Gila lu nanti kalo nyari jodoh. Mending lu jadi anak yang bener dulu. Kuliah yang bener, ibadah yang bener. Kalo udah, jodoh bakal datang sendiri." kata Pak Toyok sambil nyeduh kopi sachetan.
"Bapak abis makan pelet ikan ya di rumah mbak yang pakaiannya putih semua tadi? Jadi bijak bener.." kata gue.
"Putih semua? Oh.. itu si Dini, anaknya Pak Seno. Kok lu tau, tong? Ngintip lu tadi ya?" tanya Pak Toyok.
"Kagak ah, saya tadi nyari Bapak, kebetulan ketemu dia pas mau buang sampah. Lagian gerbang kebuka lebar, di pos nggak ada siapa-siapa pula. Eh jadi cewek tadi Dini namanya, pak? Lumayan juga tuh. Bisa kali minta nomornya.." seloroh gue.
"Emang gue tukang konter pulsa mintain nomor orang? Minta sendiri, tong. Eh kalo nggak salah lu udah punya pacar kan? Ngapain minta nomor dia? Setia, tong. Kasihan anak orang lu duain." kata Pak Toyok.
"Pacar udah lenyap, pak. Disapu ombak lautan kemarin. Saya mah setia, pak. Makan siang aja saya nggak pindah-pindah. Tetap di warteg Mbak Lilis. Orang lain aja yang nggak setia sama saya."
"Karna bisa ngutang kan? Ah elu kebiasaan. Santai tong, nggak usah dipikirin terus. Life must go on, ye kan? Santai aja, muka lu ganteng, badan lu bagus. Pasti banyak lah cewek lain yang mau sama lu."
"Ngggg Bapak masih normal, kan? Saya jadi takut.."
"Ya masih lah! Gila lu. Udah lah santai aja, main domino dulu kita." tutup Pak Toyok.

Benar juga kata Pak Toyok, muka gue ganteng, pasti banyak lah yang mau sama gue. Kenapa gue baru nyadar ya gue punya nilai lebih di muka.. ah gue emang bego abis. Ngapain gue ngerusak hidup dan masa depan gue buat cewek kayak Novi? Dia ninggalin gue tanpa sebab, ngapain gue tangisi? Masa depan gue lebih berharga daripada dia. Orang tua gue pasti berharap gue bisa wisuda tahun ini. Di sini gue sadar, cinta itu bisa bikin orang bego.

Ah Pak Toyok benar-benar dah, pensiun jadi satpam kayaknya bisa gantiin Young Lex kasih motivasi ke orang-orang bego kayak gue. Karna keasyikan main domino, pas liat jam, gue kaget udah jam 3 pagi. Dan gue baru ingat tadi si Mamat balas WA gue, kalo besok gue harus banget hadir, karna Pak Bambang dosen paling kejam di kampus udah kasih ultimatum ke gue, kalo nggak hadir nama gue dicoret dari mata kuliah dia. Dan besok ada mata kuliah dia.. jam 8 pagi. Mampus! Gue buru-buru pamit sama Pak Toyok. Semoga pagar kosan nggak digembok.

"Pak, udah jam 3 pagi ini loh. Tumben amat dah saya betah main domino sampai jam segini. Saya pulang dulu deh pak, besok ada kuliah pagi. Oiya, salam sama mbak Dini ya.. hehehe.." pamit gue ke Pak Toyok.
"Lah iya, gue kagak ada bunyiin kentongan ya dari tadi. Yaudah hati-hati, tong. Mbak Dini aman-aman, tapi besok kalo ke sini bawain martabak kek.." kata Pak Toyok.
"Iya, bisa diatur. Yaudah, Assalamualaikum." sambung gue.
"Waalaikumsalam." jawab Pak Toyok.

Pagi harinya gue berangkat kampus bareng Doni, gue nebeng sama dia karna mata gue masih berat banget. Lumayan sepanjang perjalanan dari kosan ke kampus gue bisa molor. Dari kosan ke kampus itu nggak terlalu jauh, cuma kalo pagi bisa jadi jauh banget karna macet. Gue heran kenapa kemacetan Jakarta bisa separah ini, ya. Padahal dulu pas zaman Dinosaurus gue baca di buku perpustakaan kampus masih lancar-lancar aja.

Setelah berkutat dengan kemacetan dan iler yang mengalir di pipi gue, akhirnya gue menginjakkan kaki ke kampus lagi. Buru-buru gue hapus iler dan berjalan bak pahlawan ke ruangan Pak Bambang. Gue mau bilang, "Saham Freeport sudah saya amankan 51% pak. You must be proud of me. Sebagai gantinya, kasih saya keringanan karna nggak masuk kelas Bapak." Sesampainya di ruangan Pak Bambang, kursinya kosong. Meja yang biasanya ada tas bergambar wajahnya sendiri juga kosong. Gue panik. Gue tanyain anak-anak, mereka tampak murung. Kemudian Mamat nyodorin handphone-nya ke gue.

"Nih lu baca WA Pak Bambang." kata Mamat.

Pas gue baca WA-nya, gue ikutan murung. Kita semua murung. "Saya nggak masuk kelas pagi. Ganti sore aja. Jangan ada yang bolos. Apalagi Yudha." bunyi WA Pak Bambang.

"A-pa-la-gi Yu-dha." Gue udah semangat bangun pagi buat ngampus, terus dosen minta diganti sore. Tapi yaudah lah, saham Freeport yang penting udah aman.

"Nih mat handphone lu. Mau ikut gue nggak?" tanya gue ke Mamat.
"Ke mana? Buy-back saham Indosat?" tanya Mamat.
"Kagak. Gue mau jihad ke Palestina." jawab gue.

3 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama