Benarkah Bau Ubi Bakar Pertanda Ada Gendoruwo?


Pernah nggak pas kalian lagi jalan tiba-tiba ada bau ubi bakar gitu? Kalau pernah, jangan mikir kalau ada orang lagi pesta ubi bakar di situ. Menurut mitos, kalau ada bau ubi bakar di sekitar kamu, itu pertanda ada gendoruwo lagi nongkrong atau di situ memang rumahnya gendoruwo. Tau gendoruwo kan? Sesosok makhluk tak kasat mata, berkuku panjang, tinggi besar, dan badannya ditumbuhi banyak bulu.

Kenapa saya bikin cerita mistis seperti ini? Sebenarnya nggak ada ketertarikan sama sekali dengan cerita mistis, karna kalau baca gitu nggak ada sensasi horror-nya. Tapi saya merasa gelisah dengan pengalaman bau ubi bakar ini. Setiap malam di saat melewati tempat yang sama, selalu tercium bau ubi bakar. Awalnya saya dikasih tau sama Bapak kalau di Jl. Air Hitam arah ke Jl. Garuda Sakti pas di depan kawasan gudang sebelum Jl. Melati ada bau ubi bakar. Well, di daerah sana memang banyak lapak jagung bakar remang-remang, tapi masa jagung kalau dibakar jadi bau ubi?

Karna penasaran dengan cerita Bapak, besoknya saya memilih jalan itu sebagai rute pulang ke rumah. Karna saat itu saya nggak tau lokasi pastinya bau ubi bakar itu muncul, sepanjang Jl. Air Hitam saya mengendus-endus takut kelewatan bau-nya. Setelah mengendus cukup lama, akhirnya bau ubi bakar tercium. Seketika saya reflek melihat ke dalam kegelapan, dan tiba-tiba merinding dari kepala ke kaki.

Setelah sampai rumah, saya merasa misi mencium bau ubi bakar yang diceritakan Bapak terselesaikan. Tapi saat itu ada satu hal yang mengganjal di pikiran, besok apa masih ada baunya? Jangan-jangan hari ini emang benar ada yang lagi bakar ubi.

Karna penasaran, keesokan harinya saya melewati Jl. Air Hitam lagi. Masih tetap, sepanjang jalan saya ngendus-ngendus, siapa tau Gendoruwo-nya pindah ke tempat lain. Tapi di saat melintasi lokasi yang sama, baunya tetap tercium. Sampai beberapa kali saya melintasi jalan itu, baunya masih tetap ada. Kadang pindah beberapa meter ke belakang. Mungkin Gendoruwo-nya lagi nyari Wi-Fi buat main Mobile Legend.

Dan akhirnya saya jadi ketagihan melintasi jalan itu sebagai rute pulang ke rumah, walaupun merinding, tapi baunya bikin nagih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama