Pengalaman Pertama Ikut Lomba Blog di Kopi Jujur


Sejujurnya saya pesimis dengan blog ini. Selain karena jarang update, domainnya juga masih blogspot. Sekali update dengan optimasi yang jelas, tentunya mengutamakan SEO, Human Friendly dan keunikan artikel, eh nggak masuk ke page one.

Padahal kalau update di blog lain yang udah pakai domain .COM dengan rumus tulisan yang sama, dalam beberapa hari langsung page one.

Sering kali saya berpikir kalau domain blogspot nggak cocok dengan blog ini, seharusnya udah bisa .COM, tapi karena kendala dana yang dialihkan untuk biaya hidup selama PSBB, sepertinya normanardik.com harus bersabar untuk unjuk diri.

Well, kembali ke topik utama. Beberapa waktu yang lalu saya ikut blog competition yang diadakan oleh kopijujur.id dengan keyword "Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen".

Alasan saya ikut lomba tersebut karena pertama coffee is my life, dalam sehari mungkin bisa 3-4 gelas kopi saya teguk. Kedua lomba ini menjadi ajang uji coba apakah tulisan saya cukup untuk bersaing di SERP Google, ketiga hadiahnya lumayan besar untuk modal ternak lele.

Alasan yang kedua ternyata tulisan saya masih kurang bagus. Dari waktu ke waktu blog saya semakin merosot ke last page dari yang sebelumnya di page one. Tapi saya merasa anjloknya blog ini disebabkan oleh pergantian nama dari Norman Ardik ke Normanardik nggak lama sebelum submit artikel untuk lomba, bukan dari faktor tulisan.

Tapi apapun itu, saya masih harus banyak belajar agar bisa memahami apa yang Google mau. Apalagi algoritma terus berubah, yang artinya harus ada perubahan strategi pula.

Pengalaman Ikut Lomba Blog kopijujur.id

Hari ini tanggal 10 Mei 2020 adalah pengumuman pemenang lomba blog dengan tema "Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen". Hasilnya tentu saja saya tidak menang, dari hasil penilaian saja blog ini hanya mendapatkan nilai total 25/100. Alhasil hanya menempati urutan 41 dari total peserta 75 orang.

Tapi nggak masalah, karena termasuk peserta yang submit artikel pertama, saya berhak mendapatkan uang jajan senilai Rp 50.000 dari Kopi Jujur.

Yang namanya blog competition pesertanya pasti dari mana saja dan pekerjaan yang beragam, mulai dari ahli dalam bidang yang menjadi pembahasan lomba hingga SEO Spesialist yang tentunya sudah malang-melintang di bidang SEO dan internet.

Sebagai seorang Blogger yang mengikuti lomba blog untuk pertama kalinya, pengalaman ini begitu berharga untuk mengasah kemampuan dalam bidang menulis. Selain itu saya bisa belajar dari artikel yang ditulis oleh pemenang lomba.

Memang kalau dilihat-lihat, mereka sudah "suhu"-nya dunia blogging. Nggak heran kalau menang. Sedangkan saya dan blog ini masih jauh dari kata sempurna.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama